Selasa, 10 November 2015

Perbedaan Krawangan Asia Barat dan Asia Timur

Krawangan, elemen ventilasi udara sekaligus juga bisa di identifikasikan sebagai sekat untuk memisahkan dua tempat yang di buat dengan banyak lubang/hollow. Tiap daerah memiliki sebutan sendiri untuk kata krawangan ini. Di Indonesia lebih sering disebut krawangan, kerawangan atau trawangan, dalam bahasa Inggris umum disebut sebagai "decorative screens (sekat dekoratif)", "room divider (sekat ruangan)"  atau " breeze block (balok angin-angin), di India disebut Jaali, dan di negara berbahasa spanyol atau portugis menyebutnya  sebagai Cobogo
Seni krawangan ini berkembang pesat di hampir seluruh penjuru dunia menjadi beraneka motif maupun materialnya. Sementara menurut pendapat kami, di benua Asia sendiri terdapat dua aliran motif krawangan ini, yaitu Asia barat (Persia, India, Turki) dan Asia Timur (Cina, Jepang, Korea). Berikut sedikit ulasan kami mengenai perbedaan motif krawangan ini :

1. Krawangan dari Asia barat sering berbentuk geometris yang menggunakan banyak vektor. Sementara khas dari krawangan motif dari Asia timur adalah bentuk H, bentuk seperti swastika dan lotus.
krawangan motif geometris Iran
krawangan motif geometris Iran

Krawangan motif dekoratif bahan dari batu merah dari India
krawangan motif dekoratif bahan dari batu merah dari India 

2. Krawangan dari Asia barat banyak dipengaruhi oleh agama Islam, sehingga motif krawangan kebanyakan di kombinasi antara bentuk geometris bintang delapan sudut dan kaligrafi. Krawangan dari Asia timur dipengaruhi oleh agama Budha dan Hindu, sehingga memakai swastika sebagai motif dasarnya
Krawangan motif swastika yang dipakai sebagai penyekat ruangan
krawangan motif swastika yang dipakai sebagai penyekat ruangan

3. Bahan krawangan dari Asia barat menggunakan banyak menggunakan batu alam (pualam, granit, batu merah khas india). Krawangan dari Asia timur banyak menggunakan unsur kayu dan logam. 

Krawangan terbuat dari kayu pada jendela tradisional di Jepang
krawangan terbuat dari kayu pada jendela tradisional di Jepang
Pada saat ini krawangan terus berkembang menjadi sebuah panel dekoratif yang bukan saja berfungsi sebagai sekat ruangan, atau sebagai ventilasi udara namun juga sebagai pembentuk fasade bangunan atau sebagai elemen arsitektural. Material krawangan juga bervariasi sehingga kita mengenal krawangan kayu, krawangan besi, krawangan batu alam, krawangan beton atau krawangan GRC.

Demikian pembaca sekalian sedikit perbedaan antara krawangan asia barat dan krawangan asia timur.Tentunya masih banyak lagi perbedaan yang mungkin belum dibahas dalam artikel ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bila Anda berminat memesan produk roster beton, krawangan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), relief GRC, kubah GRC, GRC cladding, ataupun panel dekoratif lainnya dengan motif customized kami siap mensupport kebutuhan anda.

Silahkan hubungi kami di : 
email : grc.hexacon@gmail.com
telp : Rizal Rahmansyah,ST (082257376999/085858233999)/ Hisyam (082333058000)

Kantor pemasaran : 
Jl. A Yani 31 Mojoagung-Jombang, Jawa Timur 61482 telp: 0321-4890210

Workshop :
Desa Wonoayu, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur


Kami menyediakan berbagai desain krawangan customized sesuai permintaan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...