Selasa, 03 November 2015

Mengenal Beton GRC (Glassfibred Reinforced Concrete)

Pembaca sekalian, kita pasti sudah pernah mendengar istilah-istilah berupa beton, beton bertulang, beton prategang, beton fiber, atau beton GRC dalam dunia konstruksi dan arsitektur bangunan. Nah, kali ini coba kita bahas sedikit tentang beton GRC (Glassfibred Reinforced Concrete).
ornamen beton GRC
ornamen beton GRC (sumber: internet)
Beton GRC (Glassfibred Reinforced Concrete) atau di beberapa negara disebut GFRC (Glass Fiber Reinforced Concrete) adalah jenis beton komposit atau lebih jauh lagi termasuk beton fiber dimana material utama beton berupa semen, air dan agregat dicampur dengan material serat kaca/fiberglass dalam komposisi tertentu agar menciptakan beton yang lebih baik. Seperti diketahui bahwa beton memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki kuat tekan tinggi, tahan cuaca, tahan api, mudah di bentuk akan tetapi memiliki kelemahan yaitu beratnya besar dan lemah terhadap beban tarik.
Dengan penambahan serat fiberglass maka karakter beton GRC adalah lebih ringan dan kuat tarik tinggi namun tetap memiliki keunggulan seperti beton normal yaitu memiliki kuat tekan tinggi, tahan cuaca, tahan api, mudah di bentuk. 
penampang balok beton bertulang
penampang balok beton bertulang (sumber: internet)

Konsep ini hampir sama dengan beton bertulang, yaitu menambahkan tulangan pada titik dimana penampang beton mengalami beban tarik agar tidak mengalami regangan berlebih saat terjadi pembebanan, semisal pada struktur balok. Jika itu terjadi maka akan terjadi keretakan yang mengakibatkan kegagalan struktur beton. Tulangan yang umum dipakai adalah besi baja karena mudah diproduksi, namun pada beberapa kasus jenis tulangan bisa menggunakan bambu atau kayu.


pembuatan campuran beton GRC
pembuatan campuran beton GRC (sumber: internet)
Pembuatan beton GRC (Glassfibred Reinforced Concrete) adalah mencampurkan semen, air, agregat halus, potongan fiberglass dan bahan2 aditif lainnya hingga menjadi satu campuran beton cair untuk kemudian dicetak pada cetakan/moulding yang telah disiapkan. Penggabungan sifat kuat tarik tinggi pada serat fiberglass dan material beton yang memiliki kuat tekan tinggi menjadikan beton GRC bisa diandalkan untuk pembuatan komponen bangunan yang tipis tapi kuat seperti panel GRC krawangan, GRC facade, lisplang, GRC cladding, plafon, atap, kubah GRC, penutup kolom, dsb.
cladding GRC
cladding GRC (sumber : internet)
panel GRC krawangan
panel GRC krawangan
Beberapa keunggulan beton GRC adalah :
1.Kuat, baik terhadap beban tekan atau beban tarik
2.Ulet / lebih fleksibel
3.Lebih ringan dibanding beton normal
4.Tahan cuaca dan tahan api
5.Mudah dalam pemasangan
6.Relatif kedap air
7.Tahan lama seperti umur beton umumnya
8.Tekstur permukaan halus daripada beton normal
9.Mudah dibentuk sesuai keinginan bahkan yang rumit sekalipun
10.Perawatan mudah
11.Finishing bisa dicat atau dibiarkan sebagai beton ekspose


Cladding GRC (sumber : internet)
ornamen GRC
ornamen GRC (sumber : internet)
Seiring dengan bertambahnya kreatifitas manusia dalam pengaplikasian beton GRC pada komponen bangunan misal kubah, kolom, cladding, partisi dinding, relief, ventilasi/krawangan dan ornamen dekoratif lainnya seperti bak mandi, pot bunga, meja, kursi, dsb maka dikembangkan beberapa metode mencetak panel GRC.

Secara umum kita mengenal 3 metode dalam mencetak panel GRC yaitu :
1.Metode Spray/Semprot
Metode ini menggunakan semprotan/spray  untuk menyemprotkan campuran GRC kepada cetakan/moulding, baik secara manual memakai spray gun atau secara otomatis/auto spray.
2.Metode Tuang/Premix
Metode ini adalah mirip dengan cara pembuatan beton pracetak, yaitu campuran GRC cair dituangkan kedalam cetakan/moulding dan dipadatkan dengan vibrator/alat penggetar.
3.Metode Hibrid/gabungan Spray dan Premix
Metode gabungan dari kedua diatas yaitu terlebih dahulu menyemprotkan selapis beton cair tanpa serat kepada cetakan/moulding sebagai lapisan permukaan untuk kemudian dilanjutkan dengan menuangkan campuran GRC. Metode ini umumnya bertujuan untuk membentuk tekstur permukaan dan warna tertentu pada panel GRC.

Demikian sekilas tentang beton GRC (Glassfibred Reinforced Concrete) yang kita kenal selama ini, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

Bila Anda berminat memesan produk roster beton, krawangan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), relief GRC, kubah GRC, GRC cladding, ataupun panel dekoratif lainnya dengan motif customized kami siap mensupport kebutuhan anda.

Silahkan hubungi kami di : 
email : grc.hexacon@gmail.com
telp : Hisyam (082333058000) / Rizal Rahmansyah,ST (082257376999/085858233999)

Kantor pemasaran : 
Jl. A Yani 31 Mojoagung-Jombang, Jawa Timur 61482 telp: 0321-4890210

Workshop :
Desa Wonoayu, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur

Kami menyediakan berbagai desain krawangan customized sesuai permintaan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...