Kamis, 19 November 2015

Desain Kaligrafi GRC Minimalis berlafadz Ayat Kursi GRC HEXACON

Ayat Kursy adalah salah satu ayat dalam Al-Quran, tepatnya dalam surat Al Baqarah ayat 255 yang memiliki makna tersendiri bagi kaum muslim, sehingga sering dibaca sebagai amalan sunnah setiap selesai menjalankan ibadah sholat lima waktu. Ayat Kursi memiliki beragam kelebihan sebagai amalan rutin dalam artian untuk terkabulnya doa, keberkahan, keberlimpahan rezeki, kelancaran usaha bahkan untuk perlindungan diri, keluarga dan usaha.
Ayat Kursy
Ayat Kursy
Begitu agungnya Ayat Kursy maka wajar jika banyak sekali ditulis dalam berbagai media sebagai ornamen dekoratif ruangan atau hiasan dinding di hampir setiap rumah kaum muslim khususnya di Indonesia.
Hiasan Dinding Ayat Kursy
hiasan dinding Ayat Kursy dalam pigura kaca dari bahan tenunan
Ayat Kursy khat kufi motif bintang delapan sudut
Ayat Kursy khat kufi motif bintang delapan sudut
Kali ini kami mendapat order kaligrafi GRC Ayat Kursy model minimalis dari bahan GRC (Glassfibre Reinforce Concrete). Berikut gambar hasil render relief GRC motif kaligrafi Ayat Kursy dari tim drafter kami :
desain relief GRC Ayat Kursy hasil rendering
desain relief GRC Ayat Kursy hasil rendering
Kami menyebutnya kaligrafi minimalis biar mudah diingat karena kaligrafi ini berbasis pada pola garis lurus dan titik dan menghindari garis lengkung, mirip dengan model bangunan minimalis. Karena itulah kaligrafi jenis ini sangat cocok jika diterapkan sebagai ornamen dekoratif atau sebagai fasade masjid bergaya minimalis.
Masjid Al Irsyad-Bandung dengan fasade kaligrafi khat kufi
Masjid Al Irsyad-Bandung dengan fasade kaligrafi khat kufi
Sebenarnya kaligrafi ini adalah kaligrafi khat Kufi karena berasal dari kota Kuffah kemudian menyebar ke seluruh jazirah Arab.  Perlu diketahui pula bahwa khat Kufi merupakan kaligrafi Arab tertua dan sumber seluruh kaligrafi Arab.
Ayat Kursy khat kufi
Ayat Kursy khat kufi
Ayat Kursy motif melingkar
Ayat Kursy motif melingkar
Berikut arti dari ayat Kursy :
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.  Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursy Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”. (QS : Al-Baqarah : 255)

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...