Rabu, 04 November 2015

Krawangan Masjid sebagai Elemen Ventilasi atau Panel Dekoratif ?

Pembaca sekalian, krawangan masjid adalah sebuah elemen yang bisa dijumpai pada hampir setiap masjid yang ada di nusantara, seakan-akan krawangan masjid adalah elemen arsitektural tak terpisahkan pada struktur bangunan ibadah umat muslim tersebut. GRC Hexacon Indonesia sebagai produsen panel GRC krawangan juga sering mengirim krawangan masjid pesanan panitia pembangunan masjid di berbagai daerah. Sebuah pertanyaan yang menggelitik, pemasangan krawangan masjid adalah sebagai elemen ventilasi atau panel dekoratif ?
krawangan masjid Al Ma'wa
krawangan masjid Al Ma'wa (sumber foto:internet)
krawangan masjid Andalusia Sentul-Bogor
krawangan masjid  Andalusia Sentul-Bogor (sumber foto:internet)

Krawangan/ intricate screen pada dasarnya adalah sekumpulan lubang ventilasi udara dan pencahayaan alami yang berfungsi mengalirkan udara dari luar bangunan ke dalam atau sebaliknya serta sebagai celah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Di kawasan tropis seperti asia tenggara dan jazirah arab yang berhawa panas, krawangan sangat  bermanfaat untuk menciptakan ruangan yang sejuk alami, baik pada bangunan masjid, bangunan publik maupun bangunan rumah tinggal.
krawangan masjid
krawangan masjid (sumber foto:internet)
Bangunan masjid adalah tempat peribadatan umat islam sekaligus menjadi pusat peradaban Islami yang dijunjung tinggi oleh segenap pemeluk agama Islam. Masjid bukan hanya dijadikan tempat ibadah, melainkan ia menjadi sarana dalam membangun dan menanamkan nilai-nilai keagungan Islam. Latar belakang Islam yang berasal dari jazirah arab pula, menjadikan kebanyakan bangunan masjid dihiasi oleh ornamen arsitektur berpola arabesque atau khas arab.

Pola arabesque salah satu corak artistik yang dalam penerapannya menggunakan konsep pengulangan bentuk geometri dan memiliki kombinasi pola yang indah. Dikarenakan dalam ajaran Islam ada larangan menggambar sesuatu yang bernyawa (manusia dan hewan) maka pola geometris menjadi pilihan utama bagi para ahli seni rupa dalam mengembangkan kreatifitasnya hingga tercipta pola gambar yang rumit dan menakjubkan. Selain garis bidang, gambar daun dan bunga-bunga menjadi pilihan dalam motif ornamen yang mereka buat.
krawangan masjid
krawangan masjid (sumber foto:internet)
krawangan masjid
krawangan masjid (sumber foto:internet)
Kreatifitas seni arsitektur dalam penempatan krawangan masjid pada titik dan sudut yang tepat berhasil menambah nilai keindahan bangunan masjid sehingga krawangan menjadi ornamen dekoratif yang membentuk fasade tematik khas arab atau motif lainnya. Pola krawangan masjid yang berbentuk bidang geometris membentuk bayangan khas decorative screen yang indah saat sinar matahari masuk ke dalam ruangan masjid. Bangunan masjid seakan menjadi upaya pencapaian kreatifitas seni arsitektur dan menampilkan keindahannya demi menciptakan kenyamanan serta rasa hormat bagi mereka yang menjalankan aktifitas ibadah di sana.
krawangan masjid jombang
krawangan masjid  agung Baitul Mukminin Jombang Jawa Timur
Kebanyakan pola krawangan masjid adalah kombinasi bentuk bintang dan bidang segi enam/hexagonal atau segi delapan/octagonal dalam garis sumbu membentuk perpotongan garis-garis secara berulang menjadikannya sebuah motif geometris khas arab atau Islam. Sebagai contoh adalah Zellij yaitu ubin tradisional khas Maroko sejak abad ke-14 dan sangat populer hingga saat ini. Zellij atau zellige adalah keramik yang terbuat dari potongan-potongan kecil keramik dan kemudian disatukan dalam pola geometris Islami atau pola arabesque.
krawangan masjid
zellij atau zellige (sumber foto:internet)
Dapat disimpulkan bahwa krawangan masjid merupakan perpaduan elemen ventilasi dan pencahayaan sekaligus pula sebagai panel dekoratif bernafaskan seni arsitektur Islam sebagai penanda bangunan masjid menjadi pusat peradaban Islami bagi segenap umat yang berada di sekitarnya. Namun tidak berarti sebagai bangsa berbudaya, kita tidak menerapkan budaya nusantara dalam membangun masjid. Banyak pula arsitektur masjid yang dibangun merupakan hasil perpaduan unsur budaya nusantara dengan seni arsitektur Islam.
krawangan masjid
krawangan masjid At Taqwa Cirebon (sumber foto:internet)
krawangan masjid
krawangan masjid At Taqwa Balikpapan (sumber foto: internet)
Demikian pembaca sekalian semoga artikel tentang panel GRC jenis krawangan masjid di atas bisa menjadi bahan inspirasi dalam mengembangkan kreatifitas kita bersama terutama pada desain dan pembangunan masjid di nusantara. Terima kasih.

Bila Anda berminat memesan produk roster beton, krawangan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), relief GRC, kubah GRC, GRC cladding, ataupun panel dekoratif lainnya dengan motif customized kami siap mensupport kebutuhan anda.

Silahkan hubungi kami di :
email : grc.hexacon@gmail.com
telp : Hisyam (082333058000) / Rizal Rahmansyah,ST (082257376999/085858233999)

Kantor pemasaran :
Jl. A Yani 31 Mojoagung-Jombang, Jawa Timur 61482 telp: 0321-4890210

Workshop :
Desa Wonoayu, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur
Kami menyediakan berbagai desain krawangan customized sesuai permintaan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...