Rabu, 27 Juli 2016

Keunikan Arsitektur Masjid Dr H Moeldoko Jombang Bergaya Turki

Pembaca sekalian, sejarah dinasti Turki Ottoman sebagai sebuah kekhalifahan Islam  yang berjaya selama beberapa abad silam turut membawa kemajuan arsitektur Islami dan bisa dilihat pada bentuk-bentuk bangunan berciri arsitektur Turki. Berbagai bangunan bersejarah bernilai estetika tinggi termasuk pula pada bangunan masjid, menjadi bukti otentik seperti yang bisa dilihat pada masjid Masjid Biru/Blue Mosque yang terkenal di Istambul. Arsitektur masjid bergaya Turki pun menjadi sangat populer dan banyak diadaptasikan di berbagai negara termasuk pada bangunan masjid Dr H Moeldoko di Jombang, dengan keunikannya sehingga sangat bagus dijadikan background kartu ucapan selamat idul fitri 1437H seperti pada foto instagram komunitas Jombang dibawah ini.
foto masjid Dr H Moeldoko Jombang
foto masjid Dr H Moeldoko sebagai background ucapan Idul Fitri 
Secara administratif masjid Dr H Moeldoko yang bergaya Turki ini berada di wilayah desa Kayen, kecamatan Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang. Berdiri di areal tanah seluas kira-kira 6500 meter persegi, bangunan masjid dua lantai berukuran sekitar 30x30 meter persegi ini mampu menampung sekitar 1500 jamaah. Berbagai ornamen GRC motif Islami diaplikasikan pada bangunan utama masjid seperti kubah masjid, menara, kaligrafi masjid, ornamen panel GRC krawangan dan panel GRC relief motif zellij dengan ciri khas bintang segi delapan. Sebagaimana diketahui ciri khas motif zellij adalah kombinasi bidang hexagonal atau octagonal dan garis-garis dalam garis sumbu membentuk pola geometris yang rumit namun indah.

Selanjutnya keindahan arsitektur masjid ini juga dipercantik dua menara masjid kembar yang merupakan kombinasi bentuk kubus dan octagonal dihiasi dengan ornamen dekoratif panel GRC krawangan motif Islami, yang oleh masyarakat kita juga populer dengan sebutan krawangan masjid. Selain sebagai ornamen dekoratif, panel GRC krawangan juga berfungsi ganda sebagai ventilasi masjid dan pencahayaan alami.Tiga level tangga marmer dan pemilihan kubah masjid berwarna keemasan dipadu batu marmer keabu-abuan yang melapisi hampir seluruh permukaan bangunan masjid ini menciptakan kesan kokoh, megah dan unik karena berbeda dengan arsitektur masjid-masjid di Jombang. Jika dilihat sepintas memang ada kemiripan dengan arsitektur masjid Ar Rayyan, Kebon Sirih, Jakarta.
panel GRC krawangan masjid Moeldoko Jombang
tampak panel GRC krawangan mendominasi bagian samping bangunan masjid Dr H Moeldoko

panel GRC krawangan masjid Moeldoko Jombang
tampak panel GRC krawangan masjid Dr H Moeldoko di bagian depan
Lokasi masjid Dr H Moeldoko sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan karena berada di tepi ruas jalan poros Jombang-Madiun tepatnya di depan exit akses gerbang Bandar ruas jalan tol Mojokerto-Kertosono seksi 1, yang beberapa bulan kemarin team GRC Hexacon Indonesia melakukan pemasangan pagar panel precast pesanan PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) sebagai pengelola tol. Jika kebetulan anda dalam perjalanan naik mobil dari Surabaya ke Madiun pasti akan melewati masjid unik dan megah ini. Dengan kemudahan akses tersebut maka banyak pengguna kendaraan yang mampir sekedar untuk beristirahat sejenak dan menunaikan ibadah sambil menikmati keindahan arsitektur masjid khas Turki, atau sengaja berkunjung untuk keperluan lain misal  foto pre-wedding atau membeli oleh-oleh khas Jombang. 

foto masjid Dr H Moeldoko Jombang
foto masjid Dr H Moeldoko dari arah seberang jalan raya
pemasangan pagar panel dan tampak masjid Moeldoko Jombang
tampak di kejauhan bangunan masjid Dr H Moeldoko dari arah lokasi pemasangan pagar panel GRC Hexacon Indonesia
Masjid Dr H Moeldoko yang baru saja diresmikan pada hari rabu tanggal 1 juni 2016 kemarin bertepatan dengan hari lahir Pancasila, sesuai dengan namanya dibangun oleh mantan Panglima TNI Jenderal DR H.Moeldoko yang peletakan batu pertama nya dilakukan pada rabu tanggal 8 oktober 2014. Menurut beliau, arsitektur masjid ini terinspirasi ketika beliau melakukan perjalanan spiritual dan berkunjung ke puncak peradaban Islam, yaitu Masjid Biru di Istambul, Turki. Selain itu, kemegahan masjid Ar Rayyan, Kebon Sirih, Jakarta, juga semakin membulatkan niat untuk segera merealisasikan cita-citanya membangun masjid di Jombang yang memiliki ikatan sejarah dengan masa muda beliau. Berikut foto suasana saat peresmian masjid sekaligus Islamic Center Dr H Moeldoko.
foto masjid Dr H Moeldoko saat acara peresmian
foto masjid Dr H Moeldoko saat acara peresmian
peresmian masjid moeldoko Jombang
foto masjid Dr H Moeldoko saat acara peresmian
tulisan masjid Dr H Moeldoko
tulisan masjid Dr H Moeldoko di bagian depan tangga
Pembaca sekalian, selain bangunan masjid untuk beribadah umat muslim, kompleks ini juga dilengkapi dengan fasilitas Islamic Center atau gedung serba guna yang bisa digunakan berbagai kegiatan seperti resepsi pernikahan dan sebagainya. Terdapat pula bangunan lain yaitu sekolah TK & TPQ, panti asuhan yatim piatu dan toko oleh-oleh khas Jombang. Sebagai tempat foto-foto pre wedding pun kompleks masjid bergaya turki ini pun OK juga loh...jadi buat mas-mas dan mbak-mbak yang mau menikah buat foto pre wedding gak usah jauh-jauh ke negara Turki, cukup ke Jombang sudah bisa berfoto dengan background bangunan ber-arsitektur Turki...^_^...
Kami sebagai warga Jombang turut bersyukur dengan kehadiran masjid Dr H Moeldoko yang menambah jumlah icon kabupaten Jombang seperti makam Gusdur di kompleks pesantren Tebuireng, Masjid Baitul Mukminin Alun-Alun Jombang dan lain sebagainya. 
Oh iya ada satu kemiripan dari kedua masjid ini adalah keduanya diresmikan oleh 2 petinggi negara yang masa mudanya dilalui di kota Jombang. Loh kok bisa ?, karena  Masjid Baitul Mukminin Alun-Alun Jombang diresmikan oleh Jenderal Polisi Timur Pradopo pada tanggal 27 Oktober 2012 yang saat itu menjabat sebagai Kapolri.
 
Nah, jika pembaca ingin tahu lebih dekat silahkan saja berkunjung masjid Dr H Moeldoko, karena berada di tepi jalur poros Surabaya-Yogya maka mudah sekali kok dijangkau dengan kendaraan pribadi atau menumpang kendaraan umum bis dari terminal bungurasih Surabaya baik tujuan Madiun, Solo, Yogya dsb. Dengan wujud bangunan cukup megah dan arsitektur masjid khas Turki yang unik maka sangat mudah bagi kita mengenali masjid ini saat di perjalanan. Demikian semoga informasi ini bisa bermanfaat, terima kasih.

 
Sumber :
http://www.jombangkab.go.id/
http://jombangnews.com/masjid-megah-dr-h-moeldoko-di-jombang-diresmikan/
http://andik-jodi.blogspot.co.id/2016/06/alhamdulillahmasjid-dr-h-moeldoko.html
https://instme.com/photo/BHf9NlvAs-X
https://instme.com/photo/BGqgRF6r5Ar
http://www.imgrum.net/media/1294773342183923618_3059770559

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...