Panel GRC Facade KAPSARC Building Elemen Gedung Berbentuk Tumpukan Kristal di Gurun Pasir

Penggunaan panel GRC façade pada bangunan iconic kelas dunia seperti pada fasad gedung KAPSARC (King Abdullah Petroleum Studies & Research Center) building di Riyadh, Saudi Arabia menjadi bukti betapa material GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) menjadi pilihan untuk mewujudkan berbagai desain facade bahkan untuk gedung ber arsitektur futuristik. Kali ini team GRC Hexacon Indonesia mencoba mengulas gedung landmark kelas dunia yang menggunakan panel GRC façade sebagai elemen utama fasad nya. Gedung ini dirancang oleh Zaha Hadid, seorang maestro arsitek wanita muslim berkebangsaan Inggris penerima Pritzker Prize Award 2004, yang setingkat penghargaan Nobel di bidang arsitektur. Dengan bentuk mirip tumpukan kristal yang menyolok di tengah gurun pasir, gedung KAPSARC tampak unik dan futuristik hingga memukau perhatian berbagai pengamat arsitektur di dunia.
lay out gedung KAPSARC dari udara
lay out gedung KAPSARC dari udara
desain gedung KAPSARC dengan dinding eksterior panel GRC facade
desain gedung KAPSARC dengan dinding eksterior panel GRC facade
Kompleks gedung KAPSARC (King Abdullah Petroleum Studies & Research Center), adalah kantor pusat sebuah organisasi independen nirlaba yang bertujuan untuk melakukan penelitian bidang ekonomi dan teknologi di semua bentuk energi. Gedung dengan arsitektur futuristik ini adalah sebuah simbol dari inovasi untuk lingkungan, dengan filosofi dimana struktur modular adalah hidup dengan skema organik yang ber-ekspansi ke gedung dibiarkan tumbuh dan berkembang biak seperti sel - tanpa mengorbankan tampilan fasade gedung itu sendiri. Mulai dibangun oleh kontraktor Drake and Scull pada tahun 2009, gedung seluas 51.000 meter persegi ini bisa rampung pada tahun 2012. Dibutuhkan lebih dari 70.000 meter persegi panel GRC facade yang dipasang pada dinding eksterior gedung untuk menyelesaikan proyek prestisius ini.


gedung KAPSARC dari udara di waktu malam
gedung KAPSARC dari udara di waktu malam
gedung KAPSARC dari udara di waktu malam
gedung KAPSARC dari udara di waktu malam

Berbagai teknologi berkelanjutan berwawasan lingkungan diterapkan pada berbagai aspek yang men-support gedung tersebut, seperti panel GRC facade sebagai elemen arsitektural sekaligus untuk meredam panas gurun pasir dan penggunaan lampu penerangan LED dan pemanfaatan cahaya matahari melalui sel fotovoltaik atau panel surya sebagai sumber energi listrik. Desain gedung dirancang sedemikian cermat yang memungkinkan hembusan angin sebagai sirkulasi udara dan kolam dari air daur ulang secara alami mendinginkan udara untuk menciptakan suasana ruang yang nyaman. Kebun - kebun dari tanaman padang pasir yang terancam punah ditata mengelilingi dan menyelip di antara gedung yang ada. Secara perspektif lingkungan, arsitektur gedung ini telah didesain untuk mengintegrasikan se-alami mungkin dengan lansekap, terutama meminimalkan kebutuhan energi dan konsumsi air.
panel GRC facade gedung KAPSARC
panel GRC facade gedung KAPSARC pada sebuah mock up

 
desain gedung KAPSARC yang di cover panel GRC facade
desain gedung KAPSARC yang di cover panel GRC facade

Lay out gedung KAPSARC secara keseluruhan terdiri atas 5 kompleks gedung yang berbentuk cluster bangunan hexagonal bersudut tiga dimensi. Adapun konstruksi gedung menggunakan struktur rangka baja yang dibungkus oleh panel GRC façade. Cuaca gurun pasir yang ekstrim pada waktu-waktu tertentu khususnya perubahan suhu di saat siang dan malam hari, menjadi salah satu pertimbangan pemilihan material GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) sebagai dinding eksterior pada bangunan gedung ini. Ke-lima kompleks gedung tersebut dihubungkan agar saling terkoneksi dengan jalur penghubung beratap struktur tenda/tensioned fabric roof. Masing-masing dari lima kompleks gedung tersebut adalah sebagai berikut :
1. Gedung pusat penelitian/research center, merupakan gedung terbesar dari kompleks KAPSARC ini. 
2. Gedung konferensi/conference center, yang merupakan gedung terbesar kedua, terletak di sebelah selatan research center.
3. Gedung masjid yang bersebelahan dengan conference center.
4. Gedung perpustakaan/library.
5. Gedung IT center, terletak di sebelah utara perpustakaan.
Desain arsitektur gedung dengan konsep konektivitas di atas dimaksudkan untuk mendorong pertemuan para staf peneliti dari berbagai latar belakang, baik direncanakan atau kebetulan untuk saling berinteraksi supaya bisa mempertemukan pikiran, ide dan budaya dari mereka bersama-sama.
desain interior gedung KAPSARC
desain interior gedung KAPSARC
desain interior gedung KAPSARC
desain interior gedung KAPSARC
foto gedung KAPSARC dari kejauhan
foto gedung KAPSARC dari kejauhan
Di dalam kompleks gedung ini, tim peneliti KAPSARC akan berinteraksi dalam lingkungan terstruktur untuk mengakomodasi metode kerja dan teknologi yang bisa berubah dari waktu ke waktu. Gedung perpustakaan/library sebagai pusat komprehensif yang mengakui pentingnya informasi elektronik di era modern, menyediakan ruang untuk pameran dan briefing serta ruang untuk koleksi permanen buku dan bahan referensi. Gedung conference center akan dilengkapi dengan ruangan serbaguna, auditorium dan berbagai ruang yang lebih kecil serta ruang rapat. Gedung IT center menjadi pusat back up seluruh aktivitas teknologi IT pada berbagai penelitian. Gedung pusat/research center KAPSARC yang merupakan gedung terbesar dengan panjang lebih dari 200 meter nantinya merupakan tempat berkantor lebih dari 300 peneliti, dilengkapi berbagai fasilitas termasuk sarana rekreasi, perumahan bagi staf peneliti dan ekspatriat beserta keluarga mereka. Berikut beberapa foto saat proses pembangunannya.


foto pemasangan kosntruksi baja gedung KAPSARC
foto pemasangan kosntruksi baja gedung KAPSARC
foto pemasangan panel GRC facade gedung KAPSARC
foto pemasangan panel GRC facade gedung KAPSARC
foto pemasangan panel GRC facade gedung KAPSARC
foto pemasangan panel GRC facade gedung KAPSARC
foto panel GRC facade gedung KAPSARC yang sudah terpasang
foto panel GRC facade gedung KAPSARC yang sudah terpasang
Demikian pembaca sekalian semoga artikel ini bisa menambah wawasan tentang panel GRC facade untuk pembangunan gedung khususnya dengan arsitektur unik, semoga bermanfaat bagi semua. Terima kasih.

KAPSARC Building-Riyadh
Architect: Zaha Hadid
Main Contractor: Drake and Scull
Facade Contractor: Seele

Referensi :
http://kapsarc.org/imagegallery/TheBuilding
http://www.zaha-hadid.com/architecture/king-abdullah-petroleum-studies-and-research-centre/
http://www.inhabitat.com/2010/02/09/...leed-platinum/
http://www.designboom.com/architecture/king-abdullah-petroleum-studies-research-center-by-zaha-hadid-underway-02-06-2014/
http://www.oviinc.com/projects/king-abdullah-petroleum-studies-and-research-center-kapsarc/
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=969512

Tidak ada komentar:

Posting Komentar