Cara Pemasangan Panel GRC Krawangan (bag 1)

Pembaca blog GRC Hexacon Indonesia, dari sekian banyak konsumen yang menghubungi kami via telepon ada satu hal yang tidak pernah absen untuk ditanyakan, yaitu bagaimana cara memasang panel GRC krawangan ? Sebagai review, panel GRC krawangan atau sebagian menyebutnya panel GRC terawang adalah panel berlubang-lubang yang berfungsi sebagai sekat/room divider, ventilasi ruangan ataupun pencahayaan alami. Selain itu panel GRC krawangan juga bisa diaplikasikan sebagai secondary skin bangunan, ornamen fasade atau bahkan bisa juga sebagai pagar rumah/pagar GRC, dsb.
panel GRC krawangan yang terpasang
Untuk itu pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memasang panel GRC krawangan di lokasi bangunan sebagai ventilasi & pencahayaan ruangan. Sebagai contoh disini adalah saat pemasangan panel GRC di musholla Jombang beberapa waktu lalu dengan ukuran sekitar 1x2 meter.

1. Pertama, tentu saja turunkan panel GRC krawangan dari mobil pengangkut dengan hati-hati agar tidak jatuh atau terbentur. Resiko nya jelas panel bisa rusak dan menimpa orang. Makanya hati-hati ya saat pengangkutan panel menuju ke lokasi...

pengangkutan panel GRC krawangan

2. Siapkan lokasi pemasangan panel GRC krawangan agar siap dipasang. Pindahkan benda-benda di sekitar lokasi yang dirasakan menghambat proses pemasangan. Usahakan dinding tembok tempat memasang sudah cukup kokoh menahan beban akibat pemasangan panel. Pemasangan sebaiknya dilakukan pada siang hari agar pencahayaan cukup terang, jika pemasangan dilakukan saat malam hari harap siapkan lampu penerangan yang cukup.

3. Siapkan bahan spesi untuk memasang berupa adonan semen pasir (PC) 1:3, artinya campuran 1 semen dengan 3 bagian pasir. Jika ingin praktis atau memang susah mendapatkan pasir berkualitas baik, atau daripada kita ribet harus beli pasir 1 truk padahal kebutuhannya gak banyak, maka sebagai alternatif bisa membeli produk semen instant yang banyak tersedia di toko bangunan seperti Mortar Utama.
produk semen instant
4. Siapkan peralatan kerja, gak ribet kok pokoknya standar tukang yang hendak memasang kusen jendela dari kayu yaitu palu, cetok, timba, waterpass, unting-unting, meteran. Jika tidak ada waterpass maka bisa memakai selang timbang (?), nah itu loh selang yang diisi air dan dipakai acuan mengukur kemiringan. Semua tukang bangunan pasti paham istilah itu...hehe 
Oh iya jangan lupa siapkan paku dan benang sebagai pedoman pemasangan panel GRC nantinya plus kayu usuk sebagai penyangga saat pemasangan.

5. OK pembaca sekalian, jika semua sudah siap maka tahap selanjutnya adalah pemasangan panel GRC di tembok seperti foto dibawah ini. Siapkan kayu usuk sebagai penyangga panel untuk menjaga posisinya tetap stabil/tidak goyang. 
Pemasangan panel berukuran 1x2 meter bisa dilakukan oleh 2 orang pekerja bangunan, 1 tukang dan 1 kuli. Terlihat benang yang dipasang sebagai pedoman pemasangan bukan ? Itu adalah acuan agar panel terpasang tidak miring nantinya.
pemasangan panel GRC krawangan
  6. Panel yang sudah terpasang dengan dijepit pasangan bata merah. Sebelumnya cek dulu posisi kemiringan panel dari 3 sumbu koordinat yaitu arah vertikal, arah horisontal dan as dinding sebelum dijepit pasangan bata merah. Setelah betul-betul fix baru dikunci dengan spesi dan pasang kayu usuk penyangga agar stabil.
Oh iya, alternatif lain selain bata merah bisa juga memakai batako atau bata ringan dan caranya sama saja kok...
Selain itu jangan lupa bahwa memasang dinding bata merah sebaiknya bertahap 1 meter ketinggian per hari, setelah spesi kering baru besoknya ditambah 1 meter lagi ke atas. Jika dipaksakan maka ada resiko dinding jadi miring atau bahkan roboh dikarenakan spesi/adonan PC masih basah sehingga belum kuat menahan beban di atasnya.
pemasangan panel GRC krawangan
7. Nah, setelah panel GRC krawangan terpasang maka silahkan di finishing sesuai selera misal dicat warna abu-abu seperti foto panel dibawah ini. Jenis cat yang dipakai bisa cat tembok ataupun cat spray.
tips : untuk menambah tampilan/estetika ada baiknya panel grc krawangan dicat dengan kombinasi warna seperti foto paling atas di artikel ini.
panel GRC krawangan telah terpasang
Demikian semoga tips cara pemasangan panel GRC krawangan ini bisa bermanfaat buat pembaca sekalian, lain waktu akan disambung lagi. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar