Salam Merah Putih dari Tim GRC Hexacon Indonesia di Proyek PLBN Entikong Kalbar

Pembaca sekalian, hari ini saya mendapat kiriman foto-foto dari tim GRC Hexacon Indonesia yang sedang bertugas melaksanakan pemasangan panel GRC cladding motif ukiran dayak pesanan dari PT WIKA (persero), sebuah kontraktor BUMN terkemuka pada proyek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat. Proyek PLBN Entikong ini sekarang masih sedang dalam tahap pelaksanaan/on  progress dan kami bersyukur turut berkesempatan untuk berkarya sebagai subkon penyedia dan pemasangan panel GRC cladding motif etnik ukiran dayak disana. Seperti diketahui bersama bahwa pada saat ini kita sedang menjelang peringatan HUT kemerdekaan RI ke 71 dengan slogan nya : "Kerja Nyata".
Salam Merah Putih dari tim pemasang panel GRC Cladding PLBN Entikong - PT WIKA (persero)
Salam Merah Putih dari tim pemasang panel GRC Cladding PLBN Entikong
logo HUT RI ke 71 tahun 2016
logo HUT RI ke 71 tahun 2016
Suasana menjelang peringatan kemerdekaan RI yang biasa kita rayakan di kampung halaman, kali ini terasa beda bagi anggota tim pemasangan panel GRC cladding mengingat saat ini mereka berada di wilayah tapal batas Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Sekalipun jauh dari teman-teman di rumah, mereka bisa berbaur dengan para pelaksana proyek dari sesama subkon maupun dari staf proyek PT WIKA (persero) untuk bersama-sama merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di sekitar lokasi proyek. Berikut adalah foto suasana lokasi proyek PLBN Entikong menjelang tanggal 17 Agustus 2016 yang kurang satu hari lagi..^_^..
Suasana menjelang perayaan HUT RI ke 71 tahun 2016 proyek PLBN Entikong Kalbar
Suasana menjelang perayaan HUT RI ke 71 tahun 2016 proyek PLBN Entikong Kalbar
Tak lupa menjelang HUT RI ke 71, bendera merah putih pun turut berkibar di dekat tower tempat pemasangan panel GRC cladding motif ukiran dayak produk dari GRC Hexacon Indonesia seperti tampak pada foto dibawah ini. Nuansa merah putih begitu terasa hampir di setiap sudut seakan mengingatkan kembali akan pentingnya rasa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia. Mungkin sudah biasa kita melihat bendera merah putih berkibar di sekitar lingkungan kita baik itu kantor, sekolah, markas tentara maupun bangunan publik lainnya, namun akan terasa lain jika kita berada di wilayah tapal batas yang menjadi perbatasan kedaulatan NKRI dengan negara lain.
bendera Merah Putih berkibar saat pemasangan panel GRC Cladding PLBN Entikong - PT WIKA (persero)
bendera Merah Putih berkibar saat pemasangan panel GRC Cladding PLBN Entikong
Entikong adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Sanggau, provinsi Kalimantan Barat yang wilayahnya terbagi atas 5 desa/kelurahan yaitu Entikong, Nekan, Palapasang, Semanget, Suruh Tembawang. Keistimewaan kecamatan Entikong dengan luas wilayah 506,89 km2 ini adalah memiliki jalur perbatasan langsung dengan negara Malaysia yaitu wilayah Sarawak yang bisa ditempuh melalui jalur darat. Jalur ini juga sering disebut jalur sutera, karena bisa dilewati langsung dengan kendaraan roda empat atau bus baik dari wilayah Indonesia maupun dari Malaysia tanpa harus menyeberangi sungai maupun laut. Oleh sebab itu banyak pelintas batas atau TKI yang berasal dari Jawa dan Sumatera yang menggunakan jalur perbatasan Entikong.
peta wilayah Entikong, Kab Sanggau - Kalbar
peta wilayah Entikong, Kab Sanggau - Kalbar
Selanjutnya dibawah ini adalah foto pada proses pemasangan panel GRC cladding berbentuk tameng khas dayak yang sebagai ornamen dekoratif pada fasade gedung. Motif yang dipilih adalah ukiran dayak mengingat wilayah kalimantan barat merupakan daerah dengan latar belakang etnik masyarakat suku dayak sebagai bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia yang bersatu, tumpah darah Indonesia.

pemasangan panel GRC Cladding PLBN Entikong, tampak pula tulisan PT WIKA (persero)
proses pemasangan panel GRC Cladding PLBN Entikong, tampak pula tulisan PT WIKA (persero)
Pembaca sekalian, dari info yang kami peroleh dari berbagai sumber di internet, proyek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia di Entikong ini nantinya merupakan satu bagian dari 3 hal pembangunan infrastruktur kawasan perbatasan yaitu :
1. Meningkatkan kualitas jalan menuju Entikong berupa pembangunan dan pelebaran jalan.
2. Pembangunan PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang meliputi pembangunan gedung PLBN, wisma negara, mesjid, gudang, area parkir, monumen pancasila dan lain-lain. 
3. Peningkatan kualitas permukiman kawasan perbatasan yang meliputi prasarana dan sarana jalan lingkungan, drainase, sanitasi, air minum.
Semoga pembangunan proyek ini sebagai realisasi program pemerintah pada wilayah perbatasan RI, bisa bermanfaat bagi para TKI yang memerlukan pelayanan ke-imigrasi-an, pelintas batas antar negara, masyarakat sekitar perbatasan maupun warga negara RI pada umumnya.
Berikut foto saat kunjungan presiden Jokowi ke proyek PLBN Entikong beberapa waktu lalu :
suasana saat kunjungan presiden Jokowi ke proyek PLBN Entikong-Kalbar
suasana saat kunjungan presiden Jokowi ke proyek PLBN Entikong-Kalbar
suasana saat kunjungan presiden Jokowi ke proyek PLBN Entikong-Kalbar
suasana saat kunjungan presiden Jokowi ke proyek PLBN Entikong-Kalbar
Demikian semoga artikel tentang suasana menjelang HUT RI ke 71 di proyek PLBN Entikong-Kalbar ini bisa bermanfaat bagi semua. Jika tugas kami untuk mensuplai dan memasang panel GRC cladding di proyek ini telah rampung, satu saat pasti banyak cerita yang bisa kami share kepada pembaca setia blog ini dalam artikel selanjutnya. Terima kasih pula kepada PT WIKA (persero) atas kepercayaan kepada GRC Hexacon Indonesia.
Salam Merah Putih dari tim pemasang panel GRC Cladding PLBN Entikong - PT WIKA (persero)
Salam Merah Putih dari tim pemasang panel GRC Cladding PLBN Entikong
Salam Merah Putih dari wilayah tapal batas, Dirgahayu RI ke 71 "Sekali Merdeka tetap Merdeka !!!"...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar