Cara Pemasangan Panel GRC Krawangan (bag 2)

Pembaca budiman, setelah cara pemasangan panel GRC krawangan dengan modul utuh sebagai elemen arsitektural dinding pada artikel beberapa minggu lalu, kali ini saya akan memposting cara pemasangan panel GRC dengan modul pecahan/parsial. Seperti diketahui terkadang karena ukuran panel relatif besar maka untuk memudahkan pemasangan maupun transportasi maka panel GRC krawangan harus dipecah menjadi beberapa modul terpisah untuk selanjutnya disusun lagi di lokasi sesuai desain rencana.
modul panel GRC krawangan motif sulur daun
modul panel GRC krawangan motif sulur daun
Sebagai contoh kasus disini saya akan merujuk pada proyek pemasangan panel GRC krawangan beberapa waktu lalu yang di order oleh PT Lamongan Shorebase (PT LS).
Adapun desain panel GRC adalah motif sulur daun dengan gambar sebagai berikut :
desain panel GRC krawangan motif sulur daun
desain panel GRC krawangan motif sulur daun
Dikarenakan ukuran panel GRC krawangan ini sekitar 4x2 meter, maka oleh tim produksi dibuat menjadi beberapa modul terpisah untuk memudahkan proses pengiriman dari workshop GRC Hexacon Indonesia di di Jombang menuju lokasi pemasangan di daerah Lamongan. Konsep pemasangan panel ini adalah sebagai dinding sekat dekoratif/decorative screen yang berdiri sendiri di atas tanah sehingga memerlukan frame penyangga berupa kolom dan balok beton precast.
modul panel GRC krawangan siap kirim
modul panel GRC krawangan siap kirim
modul panel GRC krawangan siap kirim
modul panel GRC krawangan siap kirim
Untuk mempermudah pemasangan apa saja yang harus disiapkan :
1. Pertama yang harus ada adalah gambar rencana kerja, ini penting karena kita harus menyusun beberapa modul terpisah menjadi satu kesatuan utuh. Iya kalo hanya jadi 3 modul, lha kalo 1 motif unik ukuran besar sampai jadi 16 modul seperti yang pernah kami kerjakan apa gak bingung liat tumpukan panel GRC seperti puzzle musti dimulai dari mana dulu..hehehe
Tips : setiap modul harus diberi kode berupa angka, huruf atau kombinasi keduanya agar mudah di identifikasi saat proses pemasangan di lokasi.

2. Siapkan lokasi pemasangan agar bersih dari benda-benda yang dirasa akan menghambat proses pemasangan. Tempatkan modul panel GRC krawangan tidak terlalu jauh supaya pekerja bisa melakukan tugas dengan cepat dan efisien. Tandai batas-batas lokasi proyek dengan pita safety sebagai batas peringatan lokasi pekerjaan. Apabila ada lalu lintas kendaraan maka rubbercone/kerucut jalan atau segitiga pengaman harus dipasang beserta tim flagman.
lokasi pemasangan panel GRC krawangan
lokasi pemasangan panel GRC krawangan
3. Persiapan.peralatan kerja yang terdiri dari :
- peralatan penyambungan : mesin las, genset, gerinda, kabel listrik, obeng, dsb
- peralatan tukang batu : palu, cetok, catut, roll meter, waterpass, unting-unting, timba, benang, dsb
- peralatan finishing/pengecatan : air compressor, spray gun, selang angin, kuas, dsb
- peralatan pendukung : hoist crane, webbing, scaffolding, kayu penyangga/support, lampu penerangan, APD standar K3 konstruksi.
Selain itu juga sangat disarankan bagi pekerja untuk mengenakan APD (alat pelindung diri) standar K3 konstruksi seperti helm, rompi safety, sarung tangan, sepatu safety, google, kacamata las, rompi las dsb. Untuk pekerjaan dengan lokasi ketinggian lebih dari 2 meter, gunakan body harness demi keselamatan pekerja.
foto ilustrasi pemasangan body harness
foto ilustrasi pemasangan body harness
4. Persiapan material yang terdiri atas
- Material penyambungan : baut dynabolt, fisher, kawat las, plat besi, joint sealent, dsb
-.Material pemasangan : semen, pasir, air, besi angkur, besi tulangan, atau semen instant
-.Material finishing : material pengecatan seperti cat, plamir, thinner, ampelas, dsb

Selanjutnya kalau semua sudah siap maka proses pemasangan bisa dilakukan sebagai berikut :
1. Pemasangan kolom precast sebagai frame alias tempat pemasangan panel GRC krawangan. Tahapannya standar saja yaitu ukur panjang antar kolom sesuai gambar rencana, kemudian gali tanah untuk pondasi kolom beton dan setelah itu dicor. Sesudah cor pondasi cukup umur maka kolom beton precast bisa digunakan untuk memasang panel GRC yang telah dilengkapi besi angkur. Pekerjaan pemasangan panel GRC sebaiknya dilakukan pada siang hari agar lokasi cukup terang, atau sediakan lampu penerangan yang memadai untuk pekerjaan di waktu malam. 
Tips : untuk kegiatan pemasangan panel GRC di luar ruangan/out door sebaiknya siapkan terpal untuk antisipasi saat hujan turun tiba-tiba untuk melindungi hasil pekerjaan maupun peralatan kerja.
proses pemasangan kolom beton precast
proses pemasangan kolom beton precast
proses pemasangan kolom beton precast
proses pemasangan kolom beton precast
2. Setelah kolom precast penyangga panel GRC krawangan sudah kokoh maka dilanjutkan dengan proses penyusunan modul panel GRC seperti foto dibawah ini. Sesuai gambar kerja maka satu persatu tiap modul disambung dengan las listrik, pada titik-titik joint yang telah disiapkan sebelumnya. Sesudah disambung dengan las listrik maka titik-titik tersebut ditutup kembali dengan mortar atau semen instant, dan setelah kering digosok ampelas agar permukaannya halus. 
Tips pemasangan panel GRC : dalam menyusun modul panel GRC dimulai dari sisi luar atau dari terbawah, pokoknya mana yang paling mudah lebih dulu dikerjakan dan disambung secara berurutan sesuai gambar kerja.  

cara pemasangan panel GRC krawangan
cara pemasangan panel GRC krawangan
Dalam proses pengelasan jangan lupa pekerja harus menggunakan APD berupa kacamata las, topeng las, sarung tangan dan rompi las.
cara pemasangan panel GRC krawangan
cara pemasangan panel GRC krawangan
cara pemasangan panel GRC krawangan
cara pemasangan panel GRC krawangan
3. Apabila proses pemasangan modul panel GRC telah selesai semua, maka tahap pekerjaan selanjutnya adalah finishing berupa pengecatan. Sebelum dicat permukaan panel bisa diplamir dan digosok dulu agar halus atau jika permukaan sudah halus maka bisa langsung dicat. Pengecatan bisa dilakukan dengan metode cat semprot/spray ataupun di kuas tergantung dari jenis cat yang digunakan. Pada pengecatan model spray mungkin akan lebih boros material namun hasilnya lebih halus dan merata dibanding dengan menggunakan kuas. Jangan lupa pekerja mengenakan penutup hidung atau masker cat saat jika melakukan kegiatan pengecatan khususnya cat semprot agar tidak terhirup ke paru-paru. 
Tips pengecatan panel GRC : 
- pada pemasangan panel GRC eksterior bangunan maka sebaiknya memakai cat semprot ber pelarut thinner atau cat khusus eksterior tahan cuaca jika memakai cat ber pelarut air/waterbase.
- proses pengenceran cat sebaiknya dibuat bertahap dari komposisi pelarut terkecil sampai pada level yang di inginkan, jika masih terlalu kental barulah ditambah pelarut lagi dengan dicoba dulu pada permukaan panel. 
- tahap pengecatan panel GRC mungkin harus di ulang beberapa kali sampai lapisan cat betul-betul merata.
- perhatikan kondisi cuaca saat melakukan kegiatan pengecatan di luar ruangan/out door sebagai anstisipasi kemungkin hujan.
- pada pengecatan metode spray di dalam ruangan/in door maka penerangan lampu dan sirkulasi udara harus betul-betul diperhatikan.
proses pengecatan panel GRC krawangan
proses pengecatan panel GRC krawangan
8. Sesudah selesai proses pengecatan hasilnya dinding sekat dekoratif dari panel GRC krawangan akan terlihat seperti dibawah ini. 
Tips : untuk hasil finishing lebih maksimal maka motif cat bisa dikombinasi beberapa warna agar lebih menarik.
 panel GRC krawangan setelah dicat
 panel GRC krawangan setelah dicat
Demikian pembaca sekalian, semoga info tentang cara pemasangan panel GRC krawangan (bag 2) dengan sistem modul pecahan/partial sebagai dinding sekat dekoratif beserta beberapa tips pengecatan panel GRC bisa bermanfaat, lain waktu akan disambung lagi dengan contoh kasus yang berbeda.Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar