Senin, 19 Oktober 2015

Memilih Panel GRC Pabrikan atau Panel GRC Cetak Manual

Panel GRC (Glassfibre Reinforced Cement) adalah material bangunan yang merupakan pengembangan dari beton yang kita kenal selama ini. Keduanya terbuat dari material yang hampir sama yaitu campuran semen, air, agregat dan bahan aditif lainnya. Hanya saja jika beton diberi tulangan baja sebagai penguat dan menjadikannya disebut Beton Bertulang, GRC menggunakan serat fiberglass sebagai penguat sehingga memiliki memiliki keunggulan di beberapa hal dibanding beton bertulang biasa.

beton bertulang
Secara umum ada dua macam produk Panel GRC (Glassfibre Reinforced Cement) tersedia di pasaran yaitu produk GRC Pabrikan dan produk GRC Cetak Manual. Panel GRC pabrikan diproduksi oleh industri pabrik dalam skala besar, dan tersedia dalam bentuk lembaran dengan ukuran tertentu sesuai tujuan penggunaannya. Untuk panel GRC sebagai lisplank tersedia dalam ukuran 9x100x2440mm, 9x200x2440mm dan 9x300x2440mm. Ukuran tersebut dapat dikombinasikan atau diaplikasikan secara tersendiri. Motif lisplank yang tersedia adalah motif polos atau motif kayu. Sedangkan panel GRC untuk aplikasi plafon umumnya tersedia dalam ukuran 6x1220x2440mm dan panel GRC untuk aplikasi partisi ruangan pengganti papan triplek tersedia dalam 1220x2440mm namun memiliki ketebalan 9mm dan 12mm. Oleh karena itu disini pemasangan panel GRC Pabrikan umumnya bersifat generik sebagaimana kebutuhan material bangunan lainnya.

panel GRC Board
Panel GRC Lisplank
 
Motif Panel GRC Lisplank

Kelebihan panel GRC (Glassfibre Reinforced Cement) produksi skala massal adalah berpengaruh pada menghemat cost produksi per unit sehingga panel GRC Pabrikan memiliki harga jual relatif terjangkau bagi konsumen. Kekurangannya adalah karena diproduksi dalam skala industri besar maka umumnya motif panel GRC pabrikan adalah polos atau motif kayu dengan ukuran standar baku industri. Konsumen lah yang harus menyesuaikan ukuran panel tersedia di pasaran dengan bentuk bangunan milik mereka.  


Ornamen GRC motif Klasik

Panel GRC Cetak Manual adalah jenis panel GRC (Glassfibre Reinforced Cement) yang dibuat oleh industri kelas menengah hingga industri kecil dengan target konsumen yang menginginkan produk GRC dengan motif customized, menyesuaikan desain arsitektur bangunannya. Karena dicetak dalam jumlah terbatas maka harga jual panel GRC cetak manual jauh lebih mahal dibanding panel GRC pabrikan. Namun kelebihannya adalah motif panel GRC custom bisa dibuatkan desain yang unik sesuai keinginan konsumen dan tingkat kreatifitas dari tim desain produsen sehingga disini panel GRC identik dengan panel dekoratif customized yang bisa mempertinggi nilai estetika bangunan.
 
Ornamen GRC Plafon

Untuk ukuran panel GRC Cetak Manual juga secara garis besar ada 2 macam, yaitu ukuran baku dan ukuran customized. Untuk membuat panel  GRC ukuran baku yang ada di pasaran seperti ornamen lisplank, ornamen dekoratif seperti pilar, lis beton, cladding, gerbil, dsb maka sebuah moulding bisa dipakai berkali kali dan menghemat biaya produksi. Konsumen tinggal menyesuaikan panel GRC tersebut dengan teknik pemasangan pada bangunan yang mereka kerjakan.
Sebaliknya adapula panel GRC Cetak Manual ukuran customized, dimana semakin spesial ukuran panel GRC akan mempengaruhi berapa kali sebuah moulding bisa dipergunakan pada setiap proses cetak sehingga berpengaruh pada tingginya biaya proses produksi GRC Cetak Manual dengan ukuran customized. Kelebihannya adalah konsumen mendapatkan sebuah bangunan dengan fasade spesial, unik dan indah sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Kesimpulannya adalah keduanya, baik Panel GRC Pabrikan dan Panel GRC Cetak Manual memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada akhirnya konsumen lah yang berhak menentukan pilihannya sesuai selera.

Bila Anda berminat memesan produk roster beton, krawangan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), relief GRC, kubah GRC, GRC cladding, ataupun panel dekoratif lainnya dengan motif customized kami siap mensupport kebutuhan anda.
Silahkan hubungi kami di :

email : grc.hexacon@gmail.com
telp : Hisyam (082333058000) / Rizal Rahmansyah,ST (082257376999/085858233999)
kantor pemasaran : Jl. A Yani 31 Mojoagung-Jombang, Jawa Timur 61482

Kami menyediakan berbagai desain krawangan customized sesuai permintaan konsumen.

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...